PEMETAAN STANDAR ISI
Mata Pelajaran :
Bahasa Bali
Kelas : VIII (8) / (Ganjil)
Thn Pelajaran :
2012 / 2013
Standar Kompetensi
|
Kompetensi Dasar
|
THP
|
Indikator
|
THP
|
Materi
|
Lingkup
|
Waktu
|
1. Memahami wacana lisan melalui kegiatan berpidato
dan baca berita.
|
1.1 Menyimpulkan isi pidato
yang di baca / didengarkan secara berulang – ulang.
![]()
1.2 Menuliskan kembali berita
yang dibacakan kedalam beberapa kalimat.
1.3 Mengidentifikasi kruna
satma
|
C2
C2
C2
|
-
Dapat mendengarkan pidato dengan seksama
-
Dapat menunjukkan pokok - pokok pidato yang didengarkan
secara tertulis.
-
Dapat menyimpulkan isi pidato dalam satu alenia.
-
Dapat menentukan pokok – pokok berita yang didengarkan
melalui radio / tv / media cetak.
-
Dapat menuliskan isi berita yang didengarkan ke dalam
beberapa kalimat.
-
Dapat mendengarkan berita dengan seksama.
-
Dapat menyebutkan pengertian kruna satma.
-
Dapat menyebutkan pembagian kruna satma.
-
Dapat menyebutkan contoh dari masing – masing pembagian
kruna satma.
-
Dapat menggunakan kruna satma dalam kalimat.
|
C1
C2
C3
C2
C2
C1
C2
C2
C2
C2
|
Menyimpulkan isi
pidato.
Penulisan berita.
Kruna Satma
|
Menyimak
.
Menyimak
Menyimak
|
4 x 40 menit
4 x 40 menit
4 x 40
|
2. Mengungkap
kan pikiran , perasaan, dan pengalaman
melalui
|
![]()
2.2 Membacakan sebuah puisi ke depan kelas.
|
C2
C2
|
-
Dapat mendiskusikan teknik – teknik berpidato dari segi
pembacaan.
-
Dapat mempresentasikan pidato di depan kelas.
-
Dapat menyimpulkan isi pidato yang dibawakan.
-
Dapat mengerti teknik pembacaan puisi.
-
Dapat menerapkan cara baca puisi yang baik seperti
karakter puisi.
-
Dapat membacakan puisi didepan kelas dengan ekspresif.
|
C2
C2
C3
C1
C2
C2
|
Pidato Berbahasa Bali
Puisi Bahsa Bali
|
Berbicara
Berbicara.
|
4 x 40 menit
4 x 40 menit
|
3. Memahami ragam teks sastra
dan non sastra dengan berbagai cara membaca.
4.Mengungkapkan pikiran dan
pengalaman melalui penulisan laporan.
|
3.1 Menentukan pasang pageh
dalam teks melalui kegiatan membaca.
![]()
3.2 Menyimpulkan isi bacaan
setelah membaca cepat 200 kata permenit.
4.1 Menulis laporan karya
wisata sesuai dengan tempat yang dikunjungi dengan memperhatikan cara
pengungkapan bahasa yang sederhana.
|
C2
C3
C3
|
-
Dapat menemukan kata – kata pasang pageh sesuai dengan
asal bahasa yang mempengaruhi bahasa bali.
-
Dapat menuliskan kembali contoh kata yang ditulis denga
pasang pageh yang benar.
-
Dapat menggunakan kata pasang pageh dalam kalimat.
-
Dapat membaca cepat 200 kata permenit atau lebih dengan
tepat.
-
Dapat menjawab pertanyaan dengan benar sesuai dengan
isi baaan.
-
Dapat menyimpulkan isi bacaan dengan cara merangkai
pokok – pokok bacaan.
-
Dapat menuliskan pokok – pokok pemikiran ke dalam
sebuah lampiran.
-
Dapat merangkai pokok – pokok pemikiran menjadi sebuah karya
berupa laporan.
-
Dapat mempresentasikan hasil laporan di depan kelas.
|
C2
C2
C3
C3
C2
C2
C2
C3
C3
|
Pasang Pageh.
Bacaan Latin Bali.
Penulisan Laporan Karya
Wisata.
|
Berbicara.
Berbicara.
Menulis.
|
4 x 40 menit.
4 x 40 menit.
6 x 40
|
5. Memahami penulisan warga
aksara, tengenan, dan pasang aksara Bali.
|
5.1 Menuliskan warga aksara
dengan tepat.
![]()
5.2 Menuliskan tengenan aksara
Bali.
|
C2
C2
|
-
Dapat menghafal dan menuliskan warga aksara.
-
Dapat menuliskan beberapa contoh kata dengan aksara
swalalita.
-
Dapat menuliskan pasang aksara usma.
-
Dapat menyebutkan macam – macam tengenan.
-
Dapat menuliskan bentuk – bentuk tengenan.
-
Dapat membedakan penggunaan masing – masing tengenan.
-
Dapat menggunakan macam – macam tengenan tersebut dalam
contoh kata.
|
C2
C2
C2
C1
C2
C2
C3
|
Penulisan Warga Aksara
Bali.
Penulisan Tengenan.
|
Menulis
Menulis
|
4 x 40
6 x 40
|
|
|
|
Mengetahui
|
|
Mengetahui
|
Kepala SMP N 2 Banjar
|
|
Guru
Mata Pelajaran
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
I
Putu Sujana,S.Pd.
Nip.19591213
198111 1 001
|
|
Kadek
Adi Asnawa,S.Pd.B
|
.
|
|
|
3 komentar:
Ngiring malajah
lempuyengan sirahe ngae blog
mantapppp
Posting Komentar