Jumat, 11 Januari 2013

Pemetaan Setandar isi untuk SMP




PEMETAAN STANDAR ISI

Mata Pelajaran       :     Bahasa Bali
Kelas                     :     VIII (8) / (Ganjil)
Thn Pelajaran         :     2012 / 2013



Standar Kompetensi
Kompetensi Dasar
THP
Indikator
THP
Materi
Lingkup
Waktu

1. Memahami   wacana lisan melalui kegiatan berpidato dan baca berita.

1.1 Menyimpulkan isi pidato yang di baca / didengarkan secara berulang – ulang.






 


1.2 Menuliskan kembali berita yang dibacakan kedalam beberapa kalimat.








1.3 Mengidentifikasi kruna satma
 
C2













C2













C2

-          Dapat mendengarkan pidato dengan seksama
-          Dapat menunjukkan pokok - pokok pidato yang didengarkan secara tertulis.
-          Dapat menyimpulkan isi pidato dalam satu alenia.




-          Dapat menentukan pokok – pokok berita yang didengarkan melalui radio / tv / media cetak.
-          Dapat menuliskan isi berita yang didengarkan ke dalam beberapa kalimat.
-          Dapat mendengarkan berita dengan seksama.


-          Dapat menyebutkan pengertian kruna satma.
-          Dapat menyebutkan pembagian kruna satma.
-          Dapat menyebutkan contoh dari masing – masing pembagian kruna satma.
-          Dapat menggunakan kruna satma dalam kalimat.


C1


C2



C3






C2




C2



C1




C2


C2


C2



C2

Menyimpulkan isi pidato.













Penulisan berita.













Kruna Satma

Menyimak







.





Menyimak













Menyimak

4 x 40 menit













4 x 40 menit













4 x 40

2. Mengungkap
   kan pikiran , perasaan, dan pengalaman melalui

2.1 Membaca teks pidato










 2.2 Membacakan sebuah puisi ke depan kelas.

C2











C2

-          Dapat mendiskusikan teknik – teknik berpidato dari segi pembacaan.
-          Dapat mempresentasikan pidato di depan kelas.
-          Dapat menyimpulkan isi pidato yang dibawakan.


-          Dapat mengerti teknik pembacaan puisi.
-          Dapat menerapkan cara baca puisi yang baik seperti karakter puisi.
-          Dapat membacakan puisi didepan kelas dengan ekspresif.


C2



C2



C3



C1


C2



C2






Pidato Berbahasa Bali











Puisi Bahsa Bali




Berbicara











Berbicara.

4 x 40 menit











4 x 40 menit

3. Memahami ragam teks sastra dan non sastra dengan berbagai cara membaca.

























4.Mengungkapkan pikiran dan pengalaman melalui penulisan laporan.     









3.1 Menentukan pasang pageh dalam teks melalui kegiatan membaca.











 

3.2 Menyimpulkan isi bacaan setelah membaca cepat 200 kata permenit.










4.1 Menulis laporan karya wisata sesuai dengan tempat yang dikunjungi dengan memperhatikan cara pengungkapan bahasa yang sederhana.


C2
















C3














C3

-          Dapat menemukan kata – kata pasang pageh sesuai dengan asal bahasa yang mempengaruhi bahasa bali.
-          Dapat menuliskan kembali contoh kata yang ditulis denga pasang pageh yang benar.
-          Dapat menggunakan kata pasang pageh dalam kalimat.



-          Dapat membaca cepat 200 kata permenit atau lebih dengan tepat.
-          Dapat menjawab pertanyaan dengan benar sesuai dengan isi baaan.
-          Dapat menyimpulkan isi bacaan dengan cara merangkai pokok – pokok bacaan.


-          Dapat menuliskan pokok – pokok pemikiran ke dalam sebuah lampiran.
-          Dapat merangkai pokok – pokok pemikiran menjadi sebuah karya berupa laporan.
-          Dapat mempresentasikan hasil laporan di depan kelas.




C2





C2




C3





C3



C2



C2






C2



C3




C3




Pasang Pageh.
















Bacaan Latin Bali.














Penulisan Laporan Karya Wisata.




Berbicara.
















Berbicara.














Menulis.

4 x 40 menit.
















4 x 40 menit.














6 x 40

5. Memahami penulisan warga aksara, tengenan, dan pasang aksara Bali.








5.1 Menuliskan warga aksara dengan tepat.






 


5.2 Menuliskan tengenan aksara Bali.






C2










C2




-          Dapat menghafal dan menuliskan warga aksara.
-          Dapat menuliskan beberapa contoh kata dengan aksara swalalita.
-          Dapat menuliskan pasang aksara usma.


-          Dapat menyebutkan macam – macam tengenan.
-          Dapat menuliskan bentuk – bentuk tengenan.
-          Dapat membedakan penggunaan masing – masing tengenan.
-          Dapat menggunakan macam – macam tengenan tersebut dalam contoh kata.

C2


C2



C2



C1


C2


C2


C3




Penulisan Warga Aksara Bali.










Penulisan Tengenan.

Menulis










Menulis




4 x 40










6 x 40











Mengetahui 


Mengetahui
Kepala   SMP N 2 Banjar

Guru Mata Pelajaran









I Putu Sujana,S.Pd.
Nip.19591213 198111 1 001

Kadek Adi Asnawa,S.Pd.B

  .

   

















3 komentar:

Unknown mengatakan...

Ngiring malajah

Unknown mengatakan...

lempuyengan sirahe ngae blog

Anonim mengatakan...

mantapppp